device driver

pengertian device driver

device driver adalah program yang mengendalikan suatu jenis perangkat yang terpasang pada komputer Anda. Ada perangkat driver untuk printer, menampilkan, CD-ROM pembaca, drive disket, dan sebagainya. Ketika Anda membeli sebuah sistem operasi, device driver banyak yang dibangun ke dalam produk. Namun, jika Anda kemudian membeli jenis baru perangkat bahwa sistem operasi tidak mengantisipasi, Anda harus menginstal driver perangkat baru. A device driver pada dasarnya mengubah input / output yang lebih umum instruksi dari sistem operasi untuk pesan yang jenis perangkat dapat mengerti.

Beberapa program Windows adalah driver perangkat virtual. Program-program antarmuka dengan Machine Manager Windows Virtual. Ada virtual device driver untuk setiap perangkat keras utama dalam sistem, termasuk controller hard disk drive, keyboard, dan port serial dan paralel. Mereka digunakan untuk mempertahankan status sebuah perangkat keras yang memiliki pengaturan berubah. Driver perangkat virtual menangani interupsi perangkat lunak dari sistem daripada hardware interrupts.

Dalam sistem operasi Windows, file device driver biasanya memiliki akhiran nama file DLL atau EXE. Sebuah virtual device driver biasanya memiliki akhiran dari VXD.

Driver Device ,Pengertian, Kegunaan – Driver artinya adalah pemacu yang maksudnya adalah dengan dipasangnya suatu device ke komputer sementara operating sistem kita atau komputer tidak mengenalinya maka driver tadi yang akan memperkenalkan bahwa device yang dipasang itu adalah benar adanya dan bisa digunakan. jadi driver selain mengenalkan kepada komputer juga memacu agar device yang terpasang bekerja dan kompatible dengan baik. itulah sekilas tentang pengertian driver device. Sedangkan kegunaannya adalah untuk memacu dan memadukan antara device baru dengan perangkat komputer anda. bila tidak ada driver maka device yang terpasang tidak akan berguna bagi komputer tersebut.

Menginstall driver untuk windows 2000 dan setelahnya sangatlah gampang karena sistem akan bekerja secara otomatis atau autodetect bila terdapat atau ditemukan device baru. Selain itu untuk komponen standard seperti USB biasanya tidak membutuhkan driver khusus. kecuali menggunakan windows 98 yang membutuhkan driver dan menginstal manual.

Suatu perangkat tanpa driver maka perangkat tersebut bisa saja tidak berguna, untuk itu bila anda membeli Laptop, netbook, modem, usb, printer, motherboard, vga, hard disk atau device apa pun kalau dari pabriknya disertai cd driver anda harus menyimpannya baik baik. karena driver itu memang sangat berguna.

Sebagian teknisi terkadang tidak mau repot, bila suatu perangkat tidak ada drivernya maka dia akan menganjurkan untuk ganti baru karena perangkat tersebut tidak bisa berguna tanpa driver. untuk itu simpan baik baik driver bawaan dari perangkat yang anda beli.

itulah sekilas tentang driver semoga berguna untuk kita semua yang membutuhkan terutama pemula yang ingin mempelajari perangkat komputer.

’’’’’

0 komentar:

Posting Komentar