lapisan model TCP/IP


Model referensi TCP/IP terdiri atas 4 lapisan, yaitu lapisan
1. Application
2. Transport
3. Internetwork
4. Network Interface
Model referensi TCP/IP berbeda berbeda dengan model referensi OSI yang terdapat 7 lapisan masing-masing lapisan dari model referensi diatas akan dijealskan sebagai berikut :
a) Application mendukung berbagai aplikasi user misalnya:saja sebuah penjelajah web (web browser). Anda sedang membaca tulisan ini? Berarti aplikasi TCP/IP anda sedang bekerja.
b) Transport penyedia layanan transfer data, . Dalam lapisan ini terdapat dua jenis protokol, yaitu TCP (Transmission Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protokol). Jenis protokol apa yang digunakan, dan bagaimana suatu data dikirimkan dengan protokol tersebut sangat bergantung pada lapisan aplikasi.
c) Internetwork menghubungkan dua jaringan yang berbeda sesuai pengalamatannya. Pada lapisan ini segmen (data yang sudah dibubuhi header Transport) diberi header IP.
d) Network Interface menyediakan accses jaringan komunikasi Pada lapisan ini paket akan dibubuhi alamat perangkat keras dari perangkat antarmuka jaringan, yang kita kenal sebagai MAC Address, dan kemudian dikirimkan melalui perangkat-perangkat keras jaringan (hub,switch, kabel, dll). “Lho, kan sudah ada IP, mengapa perlu MAC adress”?
IP mendefinisikan pengalamatan secara logikal dan digunakan untuk penunjuk arah dari awal hingga tujuan, sedangkan MAC Address mendefinisikan secara fisik, dan hanya belaku untuk setiap segmen jaringan. Kurang jelas? Begini, suatu paket dapat dikirimkan melalui banyak sekali perangkat dan router, MAC Address berperan untuk mengirimkan paket antara satu router dan router lainnya. Misal suatu PC bertanya “saya ada paket nih, saya mau kirim ke si B (IP address), lewat mana ya? router menjawab “sini, lewat sini!” disinilah saat dimana paket akan dibubuhi MAC Address si router, demikian juga si router akan bekerja pada segmen berikutnya.
LH = Link Header, LT = Link Trailer. MAC Address asal dan MAC Address tujuan merupakan bagian dari Link Header, sedangkan Link Trailer berisi checksum (kode yang digunakan untuk memeriksa apakah data yang dikirim benar.

0 komentar:

Posting Komentar